Ber-HMI Sejak 1980


Diterbitkan pada:

Sekitar 40 tahun yang lalu, dimulailah suasana baru kehidupan kampus yang sebenarnya dari hidup dan kehidupan ku sebagai seorang mahasiswa.

Tak hanya belajar di dalam kelas semata, tetapi juga memetik pelajaran di lapangan melalui kegiatan-kegiatan organisasi, HMI Komisariat Tarbiyah IAIN SU Medan saat itu nama tenarnya.

Sulit untuk di ungkapkan, namun pastinya bahagia sekali rasanya ber-HMI pada saat itu, bisa memiliki kawan dan senior yang sangat banyak.

amiruddin-hmi-sejak-1980

Hari-hari yang ku lewati kala itu menjadi ceria dan bahagia sebab mendapat teman yang tak hanya di HMI saja, tetapi ada juga dari PMII, HIMMAH, dan IMM. Kami berkawan dengan baik apalagi teman-teman di kelas ada beberapa yang menjadi aktivis organisasi selain HMI. Jika bertemu dengan mereka saat ini, kami selalu berpelukan lalu bercerita masa lalu tentang aktivitas yang sebagai aktivis dahulu, tak sedikit yang berurai air mata karena masih mampu mengenangnya. Terkadang, tak lupa pula kami saling bertanya berapa sudah anak dan cucu, karena pada umumnya kami sudah pada punya cucu. Sepintas terlihat seru dan lucu.

Pendidikan ku di HMI memang tak tinggi, walau hanya sampai Basic Training atau LK I, aku banyak memperoleh ilmu darinya. Tak sedikit ilmu yang telah ku peroleh ketika aku di amanah kan sebagai Sekretaris Umum Komisariat almamater tercinta ku. Di masa itu, Ketua Umum ku adalah Abdul Karim Nasution. Di masa itu juga, yang menjadi MOT Basic Training-nya adalah Kakanda Gazali Husni Situmorang dengan Ketua umum HMI Cabang Medan adalah Kakanda Abidin, serta Ketua Komisariat FT IAIN SU ialah Kakanda M. Ilyas Siagian. Dan sampai saat ini, kegiatan Basic Training tidak mengalami perubahan, dengan tetap dilaksanakan di Alimbas sama seperti di masa ku dahulu.

Alhamdulillah ilmu yang telah ku peroleh ketika ber-HMI dahulu memberikan banyak manfaat, terutama ketika aku mendapat tugas tambahan sebagai dosen di fakultas almamater tercinta ku. Begitu juga ketika aku diberikan tugas tambahan sebagai orang tertinggi secara struktural di Tarbiyah, pengalaman ber-HMI banyak ku manfaatkan dalam mengelola satuan pendidikan di perguruan tinggi ini.

milad-hmi-ke-72

Sampai detik ini, aku sangat berterima kasih kepada senior-senior yang telah mendidik dan membina ku kala itu. Walaupun pada saat yang sama ketika aku ber-HMI, aku juga aktif di Resimen Mahasiswa, bahkan sempat menjadi Komandan Batalyon C MAHATARA IAIN SU Medan, dan menjadi Wakil Komandan Resimen Mahasiswa MAHATARA Daerah Sumatera Utara.

Terlalu banyak kenangan yang tak terlupakan, terlalu banyak juga yang tak dapat ku torehkan. Semua kenangan telah abadi dalam hati dan pikiran ini. Terima kasih HMI-ku, terima kasih seniorku, terima kasih sahabat dan saudaraku.

milad-hmi-usman-hasibuan-amiruddin-siahaan

Dan selamat kepada adindaku Usman Hasibuan, M.M sebagai Ketua Panitia MUSWIL.

Semoga MUSWIL 6 KAHMI Sumut, sukses di Sipirok, 05-06 Februari 2021.

Selamat Milad HMI ke 74
Bahagia Kohati, Jayalah HMI
Yakin Usaha Sampai

5 Februari, 2021
Amiruddin Siahaan

2 pemikiran pada “Ber-HMI Sejak 1980”

  1. Aku berjuang d HMI sejak tahun 1984 ketua KOHATI komisariat 1985/1986 rasanya saat itu semua kutuangkan apa yang aku bs buat HMIWATI khususnya FU, tp aku merasa tdk miliki siapa2 di sini kepedihanku kian terasa kala musibah menimpaku, aku melanglang buana sendiri tiada yang mengerti, Allah yang Maha pengasih dan penyanyang selalu menghiburku dengan memudahkan urusan sesulit apapun yang ku alami. Kini air mataku pun tak bs ku bendung saat aku mengenang semua ini. Salam sehat sejahtera buat abangnda Amiruddin siahaan, smg sukses dan bahagia selalu ada padamu.

    Balas

Tinggalkan komentar

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap