Book Report: Sekilas Tentang Buku Supandi


Diterbitkan pada:

A. Tentang Isi Buku

Buku yang ditulis oleh David Clark ini berjudul “Financing of Education in Indonesia”, diterbitkan oleh Asian Development Bank Comparative Education Research Centre The University of Hongkong, tahun 1998.

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh persoalan pembiayaan pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, sehingga diharapkan Badan Perencana Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Indonesia memiliki data yang akurat untuk melakukan perencanaan dalam bidang pendidikan secara nasional.

Sekolah-sekolah yang diinformasikan adalah seluruh sekolah dari berbagai jenis dan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia.

Sedangkan alasan pelapor mengapa menentukan atau memilih buku ini sebagai book report didasarkan pemikiran berikut:

  • Krisis multi dimensi yang terjadi saat ini di Indonesia telah mengakibatkan hancurnya berbagai sendi-sendi kehidupan nasional, termasuk dimensi pendidikan, sehingga diperlukan pemahaman yang jelas mengapa krisis sampai terjadi.
  • Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, penulis ingin mengetahui secara mendalam, sampai seberapa jauh dimensi pendidikan mengalami keterpurukan disamping dimensi-dimensi lainnya yang juga meng-alami keterpurukan yang sama dengan dimensi pendidikan, buku ini mem-berikan informasi yang memadai tentang sistem pendidikan di Indonesia.
  • Persoalan pendidikan merupakan masalah krusial bagi suatu bangsa, sementara itu persoalan pendidikan di Indonesia berada di simpang jalan dan masih mencari jalan untuk arah jalan berikutnya, buku ini memberikan gambar-an bahwa sebenarnya persoalan pendidikan di Indonesia berkaiatan erat dengan kekeliruan dalam menentukan kebijakan.
  • Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pe-nyelenggaraan pendidikan suatu bangsa. Selama ini kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah secara nasional telah mengabaikan faktor pembiayaan dalam pendidikan, sehingga kebijakan tersebut menghasilkan kekecewaan bagi masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan.
  • Mata kuliah Analisis dan Perumusan Kebijakan, merupakan salah satu mata kuliah strategis yang dapat memberikan wawasan dalam melihat bagaimana sebenarnya pembiayaan pendidikan di Indonesia, melalui buku ini akan di-ketahui secara mendasar apa yang menyebabkan perumusan kebijakan pendidikan nasional Indonesia mengabaikan faktor pembiayaan dalam pe-nyelenggaraan pendidikan.
  • Pelapor merasa tertarik melaporkan buku ini karena diterbitklan pada tahun 1998, dan juga karena adanya bantuan dari lembaga dunia sehingga informasi yang dikemukakan bersifat aktual dengan kondisi kontekstual bangsa Indonesia yang sedang berusaha keluar dari krisis multi dimensi.

Buku ini terdiri dari sembilan Bab. Adapun pada tiap-tiap Bab yang disajikan dalam buku ini, dibuatkan deskripsi singkat seperti di bawah ini:

Bab I
Konteks Indonesia, yang berisikan Setting Sosial, Pergantian Zaman: Pendidikan Nenek Moyang Sampai Hari Ini, Hakikat Studi Keuangan Pendidikan dan Ringkasan.

Bab II
Sistem Keuangan dan Pendidikan, yang berisikan Sistem Pendidikan dan Pendaftar, Proses Pengeluar-an Biaya Pendidikan dan Kesimpulan.

Bab III
Pengeluaran Pembiayaan Pendidik-an, yang berisikan Pola Pengeluaran Biaya Pendidikan Secara Keseluruhan, Anggaran Pemerintah, Penerimaan Jenjang Pendidikan, Distribusi Buku, Pe-ngeluaran Keluarga, Kemampuan Keluarga Untuk Membayar dan Perbandingan Internasional.

Bab IV
Pengeluaran Jenjang Pendidikan Sekolah dasar, yang ber-isikan Pengeluaran Sekolah Dasar, Variasi Wilayah–Sekolah Dasar Negeri, Variasi Pengeluaran Antara Sekolah Menengah Dengan Bawah, dan Aliran Penurunan Biaya.

Bab V
Pengeluaran pada Jenjang Pendidikan Sekolah Me-nengah Pertama, yang berisikan Total Pengeluaran pada Sekolah Menengah Per-tama, Variasi Pengeluaran Antara Sekolah Menengah Pertama dan atas, Aliran Penurunan Biaya Pendidikan.

Bab VI
Pengeluaran Biaya Pada Sekolah Menengah Atas, yang berisikan Total Pengeluaran Sekolah Menengah Pertama, Total Pe-ngeluaran Sekolah Menengah Kejuruan, Variasi Wilayah – Sekolah Menengah Per-tama, Variasi Antara Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Per-tama, Aliran Penurunan Pembiayaan dan Kesimpulan.

Bab VII
Sekolah swasta, yang berisikan Dasar Data Pembiayaan, Jumlah dan Distribusi Sekolah Swasta, Penerimaan Sekolah, Dukungan Pemerintah terhadap Pendidikan Swasta, Pe-ngeluaran Sekolah dan Kesimpulan.

Bab VIII
Pendidikan Tinggi, yang berisikan Karakteristik Lembaga Pendidikan Tinggi, Sumber-sumber Pendanaan, Pendidikan Tinggi Negeri: Sumber-sumber Pendanaan, Pengeluaran Pendidikan Tinggi Negeri, Proses Pengadaan Anggaran, Sebuah Hasil terhadap Proses Anggaran – Terlalu Kecil untuk Pendidikan dasar, Kelangsungan Analisis dan Pengembangan Berikut Pengumpulan Data.

Bab IX
Bab ini merupakan bab yang terakhir yang berisikan tentang Kesimpulan dan Rekomendasi.

B. Teknik Pelaporan

Untuk mengefektifkan pelaporan buku ini sesuai dengan tuntutan standar book report, dilakukan dengan teknik sebagai berikut:

  • Membaca seluruh isi buku sambil mencari konsep-konsep yang berkaitan dengan substansi tugas yang dibebankan.
  • Mencatat berbagai hal yang dianggap sebagai konsep-konsep pemikiran dari setiap topik yang dibahas.
  • Mendiskusikannya dengan sesama mahasiswa untuk menangkap ide-ide penulis buku.
  • Menentukan konsep-konsep yang relevan untuk dibahas dalam uraian dan pembahasan.
  • Menguraikann konsep yang telah ditetapkan untuk dijadikan laporan buku.
  • Memberikan komentar pada bab pembahasan mengenai isi buku.
  • Memberikan kesimpulan dalam penutup laporan buku.

C. Sistematika Pelaporan

Laporan ini disusun dalam sebuah sistematika yang sesuai dengan isi laporan, sistematika pelaporan terdiri dari empat bab.

Bab I
Pendahuluan, yang berisikan Sekilas tentang Buku, Teknik Pelaporan dan Sistematika Pelaporan.

Bab II
Telaah Buku, yang berisikan telaah atas konsep-konsep yang dianggap layak dijadikan pertimbangan dalam sebuah laporan buku.

Bab III
Pembahasan atau Komentar tentang konsep-konsep isi buku.

Bab IV
Penutup, yang berisikan kesimpulan atas konsep-konsep yang dipilih sebagai laporan buku.

Gambar Sampul Buku

book_report_buku_supandi
Gambar diambil dari Comparative Education Research Centre

Tinggalkan komentar

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap